Inilah Kerugian Bagi Mereka yang Membeli Barang Kredit Berbunga

Andiwawang.info - Sore ini saya ingin berbagi hasil Uji saya sendiri terhadap perilaku membeli barang dengan cara kredit di pembiayaan yang menerapkan sistem bunga disetiap bulannya.

Tujuan saya melakukan pengujian ini adalah untuk memastikan bahwa kerugian besar, benar telah saya alami saat membeli barang secara kredit berbunga di pembiyaan.

Pada pengujian ini barang yang saya jadikan contoh adalah motor matic Suzuki Nex FI Black Fire keluaran Mei 2017 dengan Harga Rp.12.850.000. Cek Harga disini.

Suzuki Nex FI Black Fire

Untuk Tabel Angsuran yang saya gunakan seperti gambar di bawah ini :


Setelah mendapatkan sumber harga baru, seperti diatas.  Maka saya mencoba mencari informasi mengenai Cara Menghitung Penyusutan Harga Sepeda Motor Bekas Per Tahunnya.  Data ini saya gunakan untuk mengukur harga saat dimana saya telah menyelesaikan cicilan saya.  Untuk data tersebut saya dapatkan infonya disini.

Ok.  Setelah tolak ukur telah tersedia semuanya.  Maka pengujian mulai saya lakukan menggunakan Excel.  Seperti gambar dibawah ini.


Pada pengujian tersebut, saya membagi 2  (dua) kemungkinan yang akan dipilih saat menimbang untuk membeli motor secara kredit, tentunya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.  Lihat Tabel diatas.

Dari tabel diatas saya akan menjabarkan sedikit pada kolom DP Sedang Cicilan Sedang, selanjutnya Anda bisa melakukan pembacaan sendiri.  

Pada Kolom tersebut telah dibagi menjadi 5 (lima) pilihan skema kredit yang berdasarkan jumlah bulan yaitu 11 bulan, 17 bulan, 23 bulan, 29 bulan, dan 35 bulan.  DP telah ditentukan yaitu Rp.2.000.000, dengan besaran DP yang telah ditentukan tersebut, sudah bisa melakukan pembelian motor secara kredit.

Pada posisi tersebut kita sudah siap membawa pulang motor tersebut, yang harus dilakukan selanjutnya memilih berapa bulan ingin melakukan kredit?

Mulai dari sini, mari kita perhatikan skema kredit per bulannya.  Pikirkan juga saat kredit tersebut telah lunas dan ingin menjualnya kembali motor yang telah dikredit.  Lihat tabel diatas!

Mari fokus pada Tabel yang telah diberi warna merah.  Disana terlihat kerugian kita saat setelah akad dilakukan.  Mengerikan bukan?  Masih mau kredit?

Setelah melihat tabel diatas apa yang Anda pikirkan?
Sebenarnya kita bisa membelinya secara tunai, ditahun ke tiga.  Caranya, cukup tabung dana tersebut dan tetap sabar dalam menjalani kehidupan ini.  Agar Anda mendapatkan lebih banyak, bukan malah sebaliknya merugi.

Jika, teman-teman ada pengalaman atau mungkin masukan, silahkan sebutkan dikolom komentar ya.

Ditulis Oleh : Andi Wawang ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Inilah Kerugian Bagi Mereka yang Membeli Barang Kredit Berbunga yang ditulis oleh Andiwawang yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Andiwawang

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back to top