Telitilah sebelum membeli mobil bekas

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi berupa tips jitu yang saya dapatkan dari koran harian fajar. Mengenai Tips meneliti bagian mesin kobil bekas yang ingin dibeli.

Berikut tipsnya :
1.  Jangan langsung menghidupkan mesin dulu, coba buka kap mesin dan lihat kondisi, apakah terlalu kotor dibandingkan bodi luar?
2.  Pegang dan sedikit goyangkan tali kipas, seharusnya agak liat, kalau keras berarti mesin sering buat luar kota atau kerja keras.
3.  Buku tutup radiator dan reservoirnya, perhatikan apakah jernih (coolant) atau keruh?.  Periksa juga penampungan oli power stering (kalau terlewatkan diawal), dan air washer wiper.  Lihat juga selang-selangnya, masih empuk dan bagus.
4.  Kalau boleh, cabut dipstick dan sentuh oli diujung dipstick tadi, oli normal akan sedikit lengket dan tidak pekat atau encer dalam kondisi dingin.
5.  Cek tanggal aki, karena aki yang terjaga menunjukkan jika altenator masih sehat, cek juga kondisi terminal apakah sering dibuka tutup, kondisi perkabelan, kotak sekring mesin dan kabel ke busi.
6.  Lihat ke bawah mesin, apakah ada tetesan atau rembesan oli, kalau ada sebaiknya pertimbangkan lagi.
7.  Hidupkan mesin dan lihat indikator di dasboard apakah normal semua, kemudian coba nyalakan ac, lampu-lampu dan Anda keluar untuk mengecek semuanya.
8.  Pegang (hati-hati) kondensor ac (letaknya dekat radiator) apakah cukup panas?.  Periksa dyer (filter dan penampungan freon) kalau ada gelas pengintip lihat apakah ada gelembung atau bahkan berbusa, normalnyabadalah jernih.  Cek juga kebersihan bagian ini, bila ada kebocoran otomatis bagian ini akan kotor seperti bekas oli.
9.  Setelah semua dianggap baik dan Anda yakin untuk memilih mobil itu kintalah izin untuk mencoba, kalau tidak jangan memaksakan diri, cari penjual lain.

Ditulis Oleh : Andi Wawang ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Telitilah sebelum membeli mobil bekas yang ditulis oleh Andiwawang yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Andiwawang

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back to top