Hindari Penipuan Bermodus Penjualan Tiket

Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh. (Wikipedia)

Beban yang paling berat yang dihadapi dalam mudik adalah penyediaan sistem transportasinya karena secara bersamaan jumlah masyarakat menggunakan angkutan umum atau kendaraan melalui jaringan jalan yang ada sehingga sering mengakibatkan penumpang/pemakai perjalanan menghadapi kemacetan, penundaan perjalanan. (Wikipedia)

Dari tradisi mudik ini menjadi berkah juga bagi para pelaku usaha dibidang penjualan tiket.  Tapi, tak jarang ditemui banyak juga penipu yang berkedok penjualan tiket online.  Untuk mengtahui kedok para penipu penjual tiket.  Saya beri sedikit tips untuk menghidarinya.

Pertama, pastikan Anda membeli tiket secara resmi.  Jika Anda merasa terlalu jauh dengan kantor maskapai resmi, Anda bisa membeli tiket melalui agen perjalanan.  Carilah agen perjalanan yang benar-benar bisa dipercaya.
Kedua, jangan mudah percaya dengan tiket murah.  Hampir kebanyakan penipuan terjadi akibat adanya iming-iming harga tiket murah.  Saat ini yang sedang marak adalah SMS yang menawarkan harga tiket promo dan murah.  Jika Anda mendapat SMS yang berisi hal tersebut dan nomor se pengirim tersebut tidak Anda kenal, hiraukan saja dan segera hapus SMS itu dari pnsel Anda.
Ketiga, Jangan terkecoh promo di website atau dari orang lain.  Hal ini biasanya sering kita temui melalui koran, televisi, maupun iklan online.  Harga promo tersebut memang ada, namun kadang harga tersebut belum berupa harga total yang harus kita bayarkan.  Ada baiknya Anda juga membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk tiket promo tersebut.
Kalau bisa cek langsung harga tiket pesawat di situs resmi maskapainya, dan disitu akan kelihatan semua harga aslinya dan beberapa persen travel agent mengambil potongan harga/adm fee nya.  Semoga bermanfaat. (Koran Fajar)

Ditulis Oleh : Andi Wawang ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Hindari Penipuan Bermodus Penjualan Tiket yang ditulis oleh Andiwawang yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Andiwawang

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back to top