Cara Nyetir Mobil Matik Buat Pemula

Assalamu alaikum, Wr, Wb. Salam Sejahtera buat kita semua.
Hari ini saya ingin berbagi tips bagi para pengendara mobil matik buat pemula.  Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang masih dalam tahap adaptasi atau penyesuaian diri dengan kendaraan bertransmisi otomatis.
Sumber : google.image
Pertama, perhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi, Anda harus menghafal sampai benar-benar menguasainya.
Pahami arti dan fungis setiap simbol yang terdapat pada transmisi otomatis (P, R, N, D, 2 & 1 atau L).  P (park) mengunci transmisi sepenuhnya dan digunakan pada saat mobil parkir.
Kemudian R (reverse) fungsinya sama dengan mobil manual, yaitu posisi yang digunakan untuk membuat mobil bergerak mundur.  N (Netral) juga memiliki fungsi yang sama dengan netral pada mobil manual.
D (Driv) adalah posisi yang digunakan dalam berkendara sehari-hari dalam kondisi jalan yang normal.  2 (Gigi 2) dan 1 (Gigi 1) atau L digunakan dalam menghadapi kondisi jalan yang menanjak untuk menjaga kestabilan kendaraan.
Kedua, biasakan untuk membebaskan kaki kiri dari kopling, mobil matik tersedia dua pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem.
Ketiga, biasakan menginjak rem setiap kali mengganti transmisi, agar saat mengganti transmisi, mobil tidak berjalan sendiri.
Keempat, jika melintas jalan yang terdapat tanjakan atau keadaan jalan naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L.
Terakhir, pahami fungsi tombol hold.  Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D (Drive).
Itulah sedikit tips buat teman-teman semoga bermanfaat.
Sumber : Harian Fajar Makassar

Ditulis Oleh : Andi Wawang ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Nyetir Mobil Matik Buat Pemula yang ditulis oleh Andiwawang yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Andiwawang

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back to top