Membuat Rencana Pemasaran Media Sosial 90 hari


Saya sering melihat bahwa banyak UKM dan usaha kecil yang tidak yakin bagaimana untuk secara efektif memanfaatkan potensi media sosial sebagai bagian dari upaya mereka untuk pemasaran, dan banyak perusahaan yang hanya menggunakan halaman Facebook atau profil Twitter dengan memperbaharui status mereka tanpa frekuensi yang cukup tanpa mendefinisikan strategi mereka, maka mereka mengatakan bahwa media sosial ... "tidak bekerja untuk bisnis saya."

Untuk usaha kecil dengan sumber daya terbatas, mungkin akan sulit untuk merekrut seorang ahli media sosial, sehingga membabi buta menavigasi perairan yang belum dipetakan dan tanpa strategi pemasaran yang jelas. Sungguh menyakitkan saya melihat hal ini, jadi di sini kita berbagi strategi rencana umum kita gunakan untuk klien kami dalam menentukan strategi mereka di jaringan sosial . 

Aku memiliki keyakinan dan berharap bahwa pemilik usaha kecil dapat menggunakan langkah-langkah ini sebagai template untuk memulai dengan rencana yang efektif pemasaran media sosial untuk keuntungan mereka sendiri.

  1. Tentukan tujuan pemasaran. Carilah tujuan yang jelas dan spesifik yang ingin Anda capai. Kita semua ingin lebih banyak pelanggan dan lebih banyak uang, tetapi kami percaya bahwa langkah-langkah yang diperlukan untuk memimpin bisnis yang menghasilkan lebih banyak bisnis. Berikut tujuan pemasaran yang termasuk wajar mungkin: Meningkatkan lalu lintas web Anda. Peningkatan umpan balik pelanggan pada jaringan sosial.  Generasi prospek baru menangkap nama dan email.
  2. Saluran pemasaran saat ini. Periksa daftar ini dan pertimbangkan apa yang dapat diintegrasikan untuk memaksimalkan penggunaan media sosial. Misalnya, jika Anda menggunakan direct mail, bisa menambahkan link ke halaman fan Facebook dan Twitter? Jika waktu atau uang adalah masalah, juga mempertimbangkan apa kegiatan pemasaran dapat menggantikan atau mengganti media sosial. Jika Anda menjalankan iklan cetak mahal di sebuah koran lokal, tapi tak mendapatkan hasil yang Anda inginkan, itu akan masuk akal untuk mulai mengubah beberapa dana tersebut untuk mempekerjakan staf paruh waktu untuk mengelola jaringan sosial mereka?
  3. Tentukan target atau pelanggan ideal. Hal ini penting untuk mengidentifikasi siapa yang Anda ingin kan dalam mengembangkan sebuah rencana atau tindakan Anda. Sespesifik mungkin. Pertimbangkan sektor pasar, jenis kelamin, usia, kebiasaan membeli, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dll.
  4. Tentukan pesan. Sekarang bahwa Anda telah menetapkan tujuan Anda dan memutuskan pada audiens Anda, saatnya untuk menentukan bagaimana Anda akan mencapai mereka. Apa yang Anda katakan? Apa nilai yang bisa Anda tawarkan?
  5. Tentukan saluran untuk menjangkau audiens Anda. Dimana penonton? Jika Anda menargetkan wanita paruh baya, Anda mungkin menemukan audiens Anda menggunakan Pinterest, misalnya Anda dapat menunjukkan papan DIY di Pinterest. Jika Anda pergi ke eksekutif menggunakan LinkedIn, Anda dapat membuat klip video pendek dengan rekomendasi untuk produk atau jasa Anda. Usaha kecil dapat membuat video sendiri, dengan kamera genggam, (tidak diperlukan lagi), saya sarankan mulai dengan tidak lebih dari dua saluran media sosial.
  6. Menetapkan rencana selama 90 hari. Hal ini menggoda untuk mencoba untuk melakukan segala sesuatu, tetapi untuk menjaga konsistensi, Anda harus memulai dari yang kecil. Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan Facebook dan YouTube, atau Twittter dan Linkedin, rencana wajar 90 hari dapat mencakup membangun komunitas sosial media di saluran ini (ingat untuk menggunakan saluran pemasaran tradisional atau offline untuk membantu Anda memulai dengan estraegia nya) dan partisipasi publik dalam antrean, membuat konten yang menarik.
  7. Mengembangkan kalender editorial. Sekarang adalah waktu untuk lebih spesifik tentang apa yang akan Anda lakukan dalam rencana 90-hari. Mengembangkan topik atau area fokus untuk setiap bulan. Tentukan jenis konten Anda mempublikasikan konten dan frekuensi.
  8. Buat program pemeliharaan. Di sinilah kita sampai pada pokok persoalan. Buat jadwal pemeliharaan harian, mingguan, bulanan, dan sesuai kebutuhan. Pertimbangkan hal-hal seperti giro dan respon terhadap penonton, terus membangun penonton dan menulis konten untuk hari, minggu atau bulan.
  9. Menetapkan tanggung jawab. Jika Anda seperti banyak pemilik bisnis, Anda mungkin memiliki niat melakukan segalanya sendiri. Tapi Anda tidak bisa selalu bersikap realistis dan panggilan untuk kolaborasi (internal atau eksternal) Pastikan Anda tahu orang yang ditugaskan tugas tertentu, jika tidak mengambil konsultan atau kursus manajemen jejaring sosial.
  10. Menilai, mengukur dan menganalisa. Setelah 90 hari, meninjau kemajuan Anda. Apakah Anda bertemu tujuan Anda? Apakah Anda mencapai target audiens Anda? Apa yang berhasil dan apa yang tidak? Apa waktu untuk mengubah pendekatan Anda atau menyimpan apa yang telah Anda lakukan? Apakah ada cara lain Anda ingin mempertimbangkan? Jujurlah dengan diri sendiri tentang hasil dan menyesuaikan rencana media sosial Anda sesuai dan terus selama 90 hari. Ingat Sosial media dalam hasil adalah jangka menengah dan panjang.

Saya harap panduan Membuat Rencana Pemasaran Media Sosial 90 hari, dapat membantu Anda mendapat strategi untuk membangun komunitas di sekitar merek Anda dan mendapatkan pelanggan kualitas baru. Tapi aku masih butuh bantuan memulai.

Jika Anda berpikir konten ini bermanfaat berharap komentar anda, terima kasih banyak.

Sumber: R. Strella - F. Herrera dan marketingenredesociales.com
Gambar: Profesor Fumolatro/Foter.com/CC BY-NC-SA

Ditulis Oleh : Andi Wawang ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Membuat Rencana Pemasaran Media Sosial 90 hari yang ditulis oleh Andiwawang yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Andiwawang

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back to top